Dampak Penggunaan Ponsel

Salah satu teknologi yang saat ini sedang trend dan digemari oleh masyarakat adalah ponsel. Ponsel sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berbagai fitur ponsel juga diberikan sebagai alat penunjang majunya teknologi. Banyak fungsi yang bisa kita lakukan dengan mempunyai ponsel diantaranya digunakan untuk menyimpan informasi, membuat daftar pekerjaan atau perencanaan pekerjaan, mencatat appoitment ( janji pertemuan ) dan dapat disertakan reminder ( pengingat waktu ), kalkulator untuk perhitungan dasar sederhana, mengirim dan menerima e-mail, mencari informasi dari internet, integrasi ke peralatan lain seperti PDA, MP3Player, GPS dan lain-lain.

Perkembangan jenis ponsel di Indonesia semakin hari semakin meningkat. mulai dari fasilitas yang disediakan sampai bentuk serta merknya. Perkembangan pesat dalam dunia sistem komunikasi kita tentunya akan mengubah pola komunikasi yang terjadi di masyarakat selama ini. Sebelum ada media massa, nyaris sistem komunikasi yang berkembang di indonesia masih memakai peralatan yang sederhana ( media tradisional maupun tatap muka), akan tetapi lima tahun terakhir, Indonesia dihebohkan dengan pola komunikasi melalui telepon seluluar atau bisa disebut ponsel. bagi orang komunikasi, mereka menyebutnya dengan komunikasi seluler. Anggapan bahwa teknologi komunikasi tidak begitu penting dan oleh karenanya kehadirannya tidak perlu dinantikan, sebaliknya teknologi komunikasi sangat penting dan dinantikan kehadirannya setiap saat dan setiap waktu. Sekaranng ini HP bukan lagi barang mewah, bahkan masyarakat golongan menengah sudah memakai HP. Kepintaran, kecanggihan dan fasiitas yang dimiliki oleh teknologi komunikasi menjadi tolak ukur seberapa besar fungsi dan kebutuhan dari teknologi komunikasi itu bagi penggunanya tanpa memikirkan dampak yang akan timbul dari pemakaian teknologi tersebut. Secara nyata jelas terlihat bahwa teknologi komunikasi memberikan keuntungan yang sangat besarbagi penggunanya terutama dalam hal berkomunikasi ( komunikasi tidak begitu rumit seperti dahulu ).

Berbagai keuntungan relatif yang dirasakan dari telepon seluler tanpa kabel yang mengungguli telepon kabel dan telepon-radio kian bertambah karena mobilitas dan efisiensi nya yang begitu besar. Berbeda dengan yang disambungkan pada jalur telepon disebuah gedung atau telepon standar yang bisa dibawa, namun harus dilengkapi dengan kotak baterai besar dengan pemancar dan penerima gelombang radio, ponsel yang ringan dan tampak praktis dapat dibawa dalam saku, jaket dan dompet. Kebebasan untuk mengirim dan menerima panggilan telepon dari mobil, restoran, sudut jalan atau bahkan ketika mendaki gunung, dalam waktu singkat dipandang sebagai kebutuhan mendasar dan dapat menghemat waktu yang memang besar artinya bagi pedagang dan orang-orang yang merasa perlu dihubungi sewaktu-waktu. Telepon seluler menambah rasa aman dan nyaman.

Dari segi kajahatan, dampak nyata yang negatif dan banyak terjadi atas penggunaan telepon seluler adalah bahwa ternyata komunikasi dengan alat ini dapat memunculkan praktik bisnis illegal dan ironisnya telepon selluler juga dijadikan ajang penipuan untuk mengeruk keuntungan dengan dalih menang dalam suatu undian di dunia maya. Banyak kasus penipuan mengenai undian berhadiah yang dilayangkan melalui SMS serta praktik bisnis illegal yang tujuannya mengeruk keuntungan dari si korban dengan cara mentransfer sejumlah uang ke rekening pelaku. Penyalahgunaan fasilitas dari telepon selluler juga membawa dampak buruk bagi kaum remaja Indonesia. Melalui telepon selluler aksi pornografi semakin merajai benak kaum remaja Indonesia.

Secara psikologis kerugian yang diakibatkan dari penggunaan telepon seluler adalah manusia menjadi malas untuk bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitar. Dengan fasilitas yang dimiliki oleh telepon selluler, maka di zaman yang serba canggih dan modern ini segalanya bisa dilakukan dengan duduk di tempat tanpa perlu beranjak dari tempat duduk dan meninggalkan aktivitas seseorang. Mulai dari mengisi pulsa, transfer uang, memesan tiket, belanja, hingga memesan makanan dapat dilakukan tanpa beranjak dari tempat sedikitpun.

Dampak atas penggunaan telepon seluler dari segi kesehatan juga tak kalah mengerikan. Berbagai penyakit serta kemungkinan terburuk hadir dalam tubuh manusia melengkapi kerugian atas penggunaan telepon seluler bagi penggunanya.

Penelitian di Amerika membuktikan bahwa kaum pria yang membawa telepon selluler di saku celana dapat menurunkan 70 persen produktivits sperma dan lebih parah lagi sperma yang dihasilkan tidak akan dapat membuahi sama sekali alias mandul karena telah rusak akibat radiasi yang dipancarkan oleh telepon selluler yang ditaruh di saku celana (www.kompas.com).

Telepon selluler mengubah suara menjadi gelombang elektromagnetik seperti halnya radio. Kuatnya pancaran gelombang dan letak telepon selluler yang menempel di kepala akan mengubah sel-sel otak hingga berkembang abnormal dan potensial menjadi sel kanker. Jadi, efek radiasi telepon selluler sedemikian berbahaya jika sering digunakan. Sebuah penelitian di Finlandia membuktkan bahwa radiasi elektromagnetik serupa ponsel selama satu jam dapat mempengaruhi produksi sel, (Kompas,23 Oktober 2002 dalam Nurudin, Sistem Komunikasi Indonesia, 197, 2005).

Berbagai dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan telepon seluler memang sangat kompleks dan sedikit sekali yang menyadari akan hal tersebut. Ada yang mempercayai, ada yang tidak percaya bahkan ada juga yang acuh tak acuh meskipun sudah mengetahui dampak negatif telepon seluler.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s